Sirkulasi Termohalin : Global Ocean Conveyor System

Gerakan air-dalam terjadi karena perbedaan densitas air laut. Perbedaan densitas air laut terutama karena variasi salinitas dan temperatur air laut. Sirkulasi massa air laut yang terjadi karena perbedaan densitas itu disebut “Thermohaline circulation” (sirkulasi termohalin). Kata “thermohaline” berasal dari kata “thermo” yang berarti “panas”, dan “haline” yang berarti “garam atau halite” Jadi sirkulasi termohalin adalah gerakan massa air yang terjadi karena perubahan densitas air laut yang disebabkan oleh perubahan temperatur dan salinitas. 

Sirkulasi termohalin di samudera terjadi karena peningkatan densitas di lapisan permukaan, baik karena pendinginan langsung maupun karena pencairan es yang melepaskan garam-garam ke laut. Sirkulasi ini adalah proses konveksi dimana air dingin dengan densitas tinggi terbentuk di daerah lintang tinggi turun dan secara perlahan mengalir ke arah ekuator. Sirkulasi termohalin berjalan sangat lambat, karena itu tidak dapat dilihat secara langsung. Sebagian besar informasi tentang sirkulasi ini diperoleh dari pengukuran temperatur, salinitas, densitas di bawah laut.

Sirkulasi thermohalin terjadi di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Secara keseluruhan, sel-sel sirkulasi thermohalin bergabung membawa massa air berkeliling dunia, membangun suatu sistem transportasi massa air yang kemudian disebut “Global Ocean Conveyor System” (Gambar 1). Dalam sistem sirkulasi seperti itulah massa air laut global terjadi.

Sistem sirkulasi massa air global yang tampak di dalam Gambar 1 adalah sistem sirkulasi yang terjadi di masa sekarang. Sebagaimana kita ketahui bahwa, dalam sejarah Bumi konfigurasi benua-benua selalau berubah, oleh karena itu, sistem sirkulasi massa air global di masa lalu tentu berbeda dengan yang ada pada masa sekarang.
Sirkulasi Termohalin : Global Ocean Conveyor System
Gambar 1. Global Ocean Conveyor System. Dikutip dari Skinner dan Porter (2000) dengan modifikasi.
Skinner, B.J. and Porter, S.C., 2000. The Dynamic Earth: an introduction to physical geology, 4th edition. John Wiley & Sons, Inc., New York, 575 p.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sirkulasi Termohalin : Global Ocean Conveyor System"

Post a Comment

Berikan komentarnya yaaa.... Kritik dan saran Anda amatlah berarti :D