Tips Menghadapi Tes Praktek OSN Kebumian Bagian Materi Geologi

Buat sebagian peserta OSN Kebumian, tes praktek itu kadang menjadi momok tersendiri dan paling menakutkan dibandingkan tes teorinya. Kenapa bisa mengerikan, karena untuk sebagian peserta terkadang belum menguasai secara langsung teori yang udah pernah dipelajari. Bisa jadi belum pernah liet barangnya. Tau kuarsa itu apa, tapi belum pernah liet kuarsa, tau pelecypoda itu apa, tapi belum pernah liet langsung yang namanya pelecypoda. Hmmm... Maka dari itu sering melihat gambar-gambar menjadi salah satu alternatif buat temen-temen yang ga punya peraga dan ga bisa langsung liet barang-barangnya. Nah untuk tes praktek geologi yang pasti selalu muncul paling sering adalah tentang peraga mineral, batuan, fosil, peraga struktur geologi, penggunaan kompas geologi, sama membaca peta. Berikut ini tips menghadapi peraga geologi untuk sahabat geomacorner....
Tips Menghadapi Tes Praktek OSN Kebumian Bagian Materi Geologi
1.      Menebak nama mineral
First yang paling penting adalah semua mineral dalam seri reaksi Bowen.... Berdasar pengalaman olivin jg kadang bisa loo keluar, dan yang kadang bikin bingung itu membedakan mineral-mineral yang mirip-mirip, nah contohnya apa? Bedakan piroksen sama hornblende, terus bedanya biotit dan muskovit (pasti udah fasih semua), bedanya plagioklas dan orthoklas, bedanya kalsit, halit sama kuarsa, terus yang sering keluar juga belerang (yang ini gampang karena warnanya spesifik pasti kuning dan baunya bau belerang). Terus variasi kuarsa berdasar warna2nya. Skala mohs juga penting, harus udah hafal luar kepala.
2.      Menebak nama batuan
Hafalkan ciri-ciri granit, riolit, diorit, andesit, jenis batubara (apakah lignit, antrasit, subbituminous atau bituminous), basalt, gabro, obsidian, batu apung (pumice), ignimbrit, batupasir, chert (rijang), batulempung, konglomerat, breksi, slate, sekis, filit, gneiss... Itu yang paling sering keluar. Kalau batuan beku ultrabasa itu biasanya monomineralik (kayak dunit, piroksenit). Jadi paling ga pernah liet gambarnya deh kayak apa.
3.      Menebak fosil
Mengertilah ciri-ciri setiap filum secara cermat dan proses pengawetan apa yg ada padanya... Terus bedanya filum brachiopoda sama pelechipoda... (Ini yang sering bikin peserta bingung dan hampir tiap tahun keluar). Lihat beda turritela sama conus... Di filum coelenterata itu cuma 1 kelas yang biasanya jadi fosil, carilah.... Kamu harus bisa membedakan mana fosil yang asli dan mana organisme mati yang belum jadi fosil (UGM yang buat soal ini kayaknya punya banyak organisme mati yang belum memfosil). Cirinya sebenernya gampang, kalo sering maen ke pantai terus liet cangkang-cangkang masih bersih berarti dia belum jadi fosil. Fosil umumnya kotor (nempel sama batu/remahan batu karena diambilnya dari batu dan lebih berat dari organisme yang belum jadi fosil). Terus fosil seringnya ga utuh.
4.      Struktur Geologi
Bisa membedakan sesar naik, turun, geser sinistral dan dekstral dari peraga.... Itu udah cukup banget, karena yang keluar ya itu-itu aja. Oh ya satu lagi, lipatan menunjam juga kadang keluar.... Coba cari gambar-gambarnya dalam bentuk 3D kalo ga punya peraganya.
5.      Kompas Geologi
Yang ini susah kalo belum pernah praktek, jadi usahakan gimana caranya sebelum OSN minimal pernah liet atau pegang barangnya terus latihan pakai. Umunya yang sering ditanyakan itu jurus dan kemiringan suatu bidang. Dan mau ga mau harus pernah praktek kalo mau selamet ngadepin peraga ini. hehehe
6.      Jangan panik, panik bisa lupa smua.... Jadi santai aja dan manfaatkan waktu. Jangan ragu menjilat jika dikira halit. Jangan ragu pakai HCL, kalo ngejoss udah pasti kalsit kalo itu mineral, dan batuan karbonat kalo itu batu. Jangan ragu gunakan alat kekerasan apapun yg bisa digunakan, jangan ragu lihat belahan dan pecahan (tetapi sangat jarang ada pertanyaan gitu berhubung waktu singkat dan peraga mineral bener-bener harus ideal). Jangan lupa berdoa sebelum masuk ruang ujian yaa.... Ini yang nomor satu!

Geomacorner.com sebenernya kita nyediain peraga mineral sama peraga batuan sih. Peraga struktur geologi juga ada. Tapi masih dijual secara tertutup door to door. Tunggu aja release-nya. Kalo ada yang minat atau butuh cepet bisa hubungi kita via medsos geomacorner atau hubungi marketing kami di 085327248377 a.n. Bani. Selamat berjuang sampai IESO....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Tes Praktek OSN Kebumian Bagian Materi Geologi"

Posting Komentar

Berikan komentarnya yaaa.... Kritik dan saran Anda amatlah berarti :D