Benarkah Ukuran Terbesar Dinosaurus Berkembang saat Jaman Jura?

Memasuki Jaman Jurassic, kompetisi antar organisme untuk mendapatkan sumber makanan tidak lagi sesengit pada zaman Triassic. Hal tersebut terjadi akibat penyebaran tumbuhan yang semakin meluas karena lingkungannya yang humid. Lingkungan yang humid tersebut dihasilkan dari pergerakan lempeng benua yang mengalami perubahan konfigurasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga udara menjadi semakin lembab, daerah pesisir semakin luas dan tanaman dapat berkembang lebih luas. Artinya sumber makanan menjadi semakin melimpah. Adanya kondisi seperti ini menjadi pemicu adaptasi morfologi dari beberapa spesies dinosaurus herbivora menjadi ukuran yang lebih besar. Kemudian dinosaurus karnivora menyesuaikan diri dengan makanannya sehingga menjadi berukuran yang sangat besar.
Benarkah Ukuran Terbesar Dinosaurus Berkembang saat Jaman Jura?
Konfigurasi Benua Jaman Jura (Mesozoikum)
 Ukuran Dinosaurus didorong oleh vegetasi. Selama Era Mesozoikum - yang membentang dari awal periode Trias, 250 juta tahun lalu, dengan kepunahan dinosaurus pada akhir periode Kapur, 65 juta tahun lalu - tingkat karbon dioksida pada atmosfer jauh lebih tinggi daripada saat ini. Karbon dioksida yang meningkat berhubungan langsung dengan suhu yang berarti iklim global jutaan tahun yang lalu jauh lebih hangat dari saat ini. Kombinasi tingginya tingkat karbon dioksida (fotosintesis berlangsung) dan temperatur yang tinggi berarti bahwa dunia saat itu dipenuhi segala macam vegetasi - tanaman, pohon, lumut, dll. Oleh karena itu, golongan dinosaurus herbivora berevolusi menjadi berukuran raksasa karena adanya surplus makanan. 
Benarkah Ukuran Terbesar Dinosaurus Berkembang saat Jaman Jura?
Adaptasi Morfologi Dinosaurus Selama Jaman Jura.
           Ini juga menjelaskan mengapa Tyrannosaurus dan Theropods (dinosaurus karniora) menjadi sangat besar. Sebagai contoh misalnya, karnivora 50-pon tidak akan memperoleh kesempatan mendapat makanan jika ukuran makanannya (hewan herbivora) juga 50-ton. Mau tidak mau kernivora akan memiliki bobot yang lebih dari hewan buruannya untuk mempermudah menangkap mangsa. Maka dari itu karnivora juga beradaptasi dengan membuat tubuhnya menjadi lebih besar dan mencapai ukuran yang sangat besar di Jaman Jura.
Benarkah Ukuran Terbesar Dinosaurus Berkembang saat Jaman Jura?
Siklus Hidup Tanaman Angiospermae.
Ketersediaan vegetasi yang besar dengan munculnya tumbuhan angiospermae menyebabkan sumber makanan menjadi semakin besar. Tumbuhan angiospermae berkembang dengan biji yang bisa lebih cepat dalam pertumbuhannya. Evolusi bekerja bersama dimana sumber makanan melimpah maka hewan-hewan lain akan menyesuaikan tubuhnya menjadi memiliki kebutuhan makanan yang besar (karena ukurannya menjadi besar).
Benarkah Ukuran Terbesar Dinosaurus Berkembang saat Jaman Jura?
Rekonstruksi tanaman yang hidup ketika Jaman Jura.
Dinosaurus adalah hewan yang berdarah dingin ketika pertama kali muncul ke permukaan bumi (daratan). Banyak ahli paleontologi yang mempelajari dinosaurus herbivora raksasa percaya bahwa makhluk tersebut adalah hewan berdarah dingin, terdapat dua alasan kuat. Pertama, berdasarkan model-model terbaru dari metabolisme, yaitu kemampuan untuk menjaga suhu interior meskipun kondisi lingkungan yang ada selalu berubah-ubah. Sehingga hewan berdarah dingin membutuhkan ukuran tubuh yang besar agar dapat menyimpan suhu tubuhnya lebih lama dan lebih konstan dan metabolismenya tidak akan terganggu. Itulah mengapa pada Jaman Jura hingga Kapur dinosaurus mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mencapai ukuran terbesarnya.
Sesungguhnya semuanya masih menjadi misteri yang belum sepenuhnya terpecahkan.

Daftar Pustaka :
Russ Hodge. 2009. Evolution. The History of Life On Earth.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Ukuran Terbesar Dinosaurus Berkembang saat Jaman Jura?"

Post a Comment

Berikan komentarnya yaaa.... Kritik dan saran Anda amatlah berarti :D