Lingkungan Diagenesis Batuan Karbonat : Zona Mixed Marine Meteoric

Zona percampuran merupakan batas antara lingkungan laut freatik dengan lingkungan air tawar freatik. Proses yang dikenal di zona ini adalah dolomitisasi. Pada zona percampuran ini dihasilkan brackish water atau air payau. Semen karbonat yang terbentuk di lingkungan ini sangatlah jarang, kondisi yang dapat memungkinkan terbentuk semen pada zona ini adalah volume yang sempit dan kecil dari ruang lingkup zona freatik, kondisi muka air yang stagnan, sifat dinamis karena air bermigrasi dalam menanggapi curah hujan, dan sirkulasi air yang baik. Interval pencampuran-zona ditandai dengan porositas yang luas (moldic), semen gigi anjing, dan micrite atau microspar dengan sementasi yang relatif kecil. Zona percampuran ini dapat berpindah yang dikontrol oleh faktor musim (Longman, 1980).
Lingkungan utama diagenesis dibedakan menjadi 4, berdasarkan sifat kimia fluida dan distribusi fluida tersebut dalam pori : zona freshwater vadose (di atas muka air tanah), zona freshwater phreatic (di bawah muka air tanah), zona mixed freshwater-marine phreatic dan zona marine phreatic (Longman, 1982).



Longman, Mark W., 1980, Carbonate Diagenetic Textures from Nearsurface Diagenetic Environments: The American Association of Petroleum Geologists Bulletin, V. 64, No. 4, p. 461–487.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lingkungan Diagenesis Batuan Karbonat : Zona Mixed Marine Meteoric"

Post a Comment

Berikan komentarnya yaaa.... Kritik dan saran Anda amatlah berarti :D