Lingkungan Diagenesis Batuan Karbonat : Zona Burial

          Zona burial merupakan zona diagenesis dimana pada umumnya pori pada batuan akan terisi oleh brines water. Tekanan yang tinggi juga menyebabkan terjadinya kompaksi yang menyebabkan solusi dan sementasi di zona kedalaman yang dalam dan mengurangi porositas dan permeabilitas yang ada. 
Lingkungan Diagenesis Batuan Karbonat : Zona Burial
Kompaksi mekanik dan kimiawi yang terjadi pada burial diagenenesis, menyebabkan pengurangan nilai porositas. Kompaksi kimiawi berperan cukup dominan karena menambahkan kalsium karbonat dalam bentuk solusi yang akan dipresipitasikan di dalam ruang pori antar butir selama tahap burial diagenesis (Scholle dan Ulmer-Scholle, 2003).
Umumnya, semen yang berkembang di zona ini adalah semen kalsit dan semen dolomit dan proses yang dapat terjadi adalah dolomitisasi, dedolomitisasi dan silisifikasi. Tekanan yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan porositas dan permeabilitas akibat terjadinya fracturing dan disolusi dari kalsit (lihat gambar 14). Bentuk dan geometri pori yang sering hadir antara lain adalah fracture, vuggy, dan stylo-porosity (Scholle dan Ulmer-Scholle, 2003). 
Lingkungan Diagenesis Batuan Karbonat : Zona Burial
Empat macam morfologi semen yang umum dijumpai pada burial diagenesis, meskipun sebenarnya tidak ada satu jenis morfologi pun yang menjadi penciri utama. Sebagai contoh, prismatic spar dapat merupakan hasil dari marine cementation, drusy mosaic dapat juga terbentuk di lingkungan meteorik, dan syntaxial overgrowth dapat terbentuk di semua lingkungan diagenesis (Scholle dan Ulmer-Scholle, 2003).

Longman, Mark W., 1980, Carbonate Diagenetic Textures from Nearsurface Diagenetic Environments: The American Association of Petroleum Geologists Bulletin, V. 64, No. 4, p. 461–487.
Scholle, P.A., and Ulmer-Scholle, D.S., 2003, A Color Guide To The Petrography, AAPG Memoir 77: Tulsa, Oklahoma, The American Association of Petroleum Geologists, 459 p.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lingkungan Diagenesis Batuan Karbonat : Zona Burial"

Posting Komentar

Berikan komentarnya yaaa.... Kritik dan saran Anda amatlah berarti :D